Wow…Tahura di Tanjabtim Digarap Warga

0
96
Tahura telah ditanami sawit (Ist/Serumpuntimur.com)

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Ternyata Taman Hutan Raya (Tahura), yang berada di Dusun Penganyut Kelurahan Simpang Kecamatan Berbak digarap warga. Celakanya lagi, akibat penggarapan ini pula yang mengakibatkan terjadi Kebakaran diareal Tahura dua hari lalu.

Penggarapan ini tentu melanggar undang- undang nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi. Dimana tujuan adanya Tahura sebagai hutan konservasi Indonesia sebagai kawasan perlindungan sistem penyangga kehidupan, keanekaragaman jenis tumbuhan dan juga satwa.

Baca juga :  http://serumpuntimur.com/tahura-terbakar-tnb-terancam-cuaca-di-tanjabtim-semakin-pekat/

Namun hal ini tidak terlihat di Tahura yang ada di Dusun Penganyut. Terlihat Tahura tidak terurus dan sudah di garap warga. Tahura hanya merupakan hamparan lahan dengan semak belukar, tanpa adanya pepohonan.

Adanya penggarapan secara diam-diam di Tahura dibuktikan dengan tahura itu terdapa beberapa rumah tempat tinggal. Malahan tempat tinggal itu lengakap dengan peralatan rumah tangga dan perahu serta kolam. Dan beberapa areal tahura itu sudah ada yang ditanami sawit dan Tanaman Jagung.

Sebagian lahan lainnya baru dalam tahap pembersihan lahan. Hal ini dapat terlihat bekas pohon pohon di tebang lalu dibakar. Dan proses inilah yang diduga menimbulkan kebakaran di Tahura.

“Jika dilihat memang ada penggarapan,”ungkap Masian Saragih Kepala Seksi Perlindungan Konservasi Sumber Daya Alam Dan Ekosistim (KSDAE), Propinsi Jambi.

Dijelaskan, berdasarkan perhitungannya ada sekitar 11 hektar yang digarap warga. Menurutnya, masuknya orang yang menggarap Tahura itu, karena tidak tahu itu hutan konservasi. Disamping itu,  Tahura memeliki tanah yang kering. Namun hingga saat ini katanya, pihaknya belum mengetahui warga mana yang menggarap Tahura. Informasinya bukan warga setempat.

“Akan memberikan peringatan dan pemahaman bahwa tahura itu adalah hutan konservasi dan tidak boleh digarap masayarakat,”katanya.(Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here