Wow….Karena Karhutla Penderita Ispa Meningkat

0
36
Jumati Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Tanjab Timur

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Dampak kemarau panjang yang terjadi saat ini mulai berdampak pada kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan Tanjab Timur mencatat penderita Infeksi Saluran Pernafasan (Ispa), meningkat.

Meski kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di beberapa titik saja, terutama di kawasan yang terjadi Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla). Namun beberapa masyarakat dilaporkan mengidap gangguan Ispa.

Kabid P2TP2 Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jumiati mengatakan, tidak dipungkiri tercatat sejak Januari – Juli, sudah terdapat beberapa pasien yang dinyatakan menderita Ispa.

Peningkatan ini sangat terlihat satu bulan terakhir. Untuk bulan Juli saja, penderita Ispa sudah
diangka ribuan.

“Berdasarkan data yang kita kumpulkan dari laporan per Puskesmas di Tanjab Timur, untuk penderita Ispa selama bulan Juli saja di angka 1247 jiwa,”jelasnya.

Maka, jika dihitung dari awal Januari hingga Juli, warga yang terkena Ispa sudah mencapai 3000an orang. Karena hampir setiap bulan penderita Ispa mengalami tren peningkatan sejak musim kemarau.

“Untuk mengantisipasi meningkatnya kasus Ispa kita instruksikan Puskesmas mendirikan posko kesehatan khusus dan menghimbau masyarakat agar menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah,”katanya.(Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here