Upaya Ekspor Sendiri Hasil Laut Tanjabtim Gagal

0
43
Hasil laut yang tidak diekspor diolah menjadi ikan asin. Terlihat sepanjang jalan di Kuala Jambi dijadikan tempat penjemuran ikan

Serumpuntimur.com, Muarasabak – Upaya Tanjab Timur melakukan ekspor sendiri hasil lautnya gagal. Sebab, pengusaha ikan yang direncanakan melakukan ekspor  tidakmampu memenehi permintaan penampung ekspor yang ada diluar negri. Hal ini diungkapkan Ibunu Khayat Kepala Dinas Perikanan Tanjab Timur, belum lama ini.

Ibnu Khayat mengatakan, pengusaha ikan yang sempat dikumpulkan beberapa waktu yang lalu mengaku belum siap melakukan ekspor sendiri. Sebab, hasil tangkapan nelayan yang ada di Tanjab Timur masih fluktuatif. Sementara pengusaha yang menerima ekspor ikan memiliki target setiap hari.

”intinya pengusaha keberatan terkait target dan pengusaha penerima ekspor sangat selektif,”ungkapnya.

Makanya, untuk saat ini pengusaha ikan yang ada di Tanjab Timur lebih baik kembali ke pola lama, dengan cara menjual ikan yang dibelinya dari nelayan ke pengusahayang ada di Provinsi tetangga yang melakukan ekspor ke luar negri.

Sebelumnya, Wakil Bupati Tanjab Timur, H. Robby Nahliyansyah menegaskan, akan memangkas pengiriman ikan ke Luar Negri melalui Moro dan Batam. Caranya, nelayan atau pengusaha ikan yang ada didorong untuk membuat izin agar usaha pengirimannya legal, agar dapat melakukan ekspor sendiri.

“makanya kami akan minta bantuan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM). Bagaimana, apa yang dilakukan Nelayan kami selama ini legal dan itu bawa nama Kabupaten kita,”harapnya.

Dijelaskan, di Tanjab Timur, yang banyak adalah pedagang. Pedagang ini mengirim ikan ke Bos mereka ayang ada di Batam. Kedepan, pedagang ini akan didorong menjadi pengekspor ikan dengan melengkapi segala perizinan dan menjaga kualitas Ikan yang akan di Ekspor.

“kita cukup miris, bahan bakunya dari kita, tapi dari lain yang punya nama. Ya itu karena kita banyaknya pedagang bukan pebisnis alias pengekspor,”jelasnya. (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here