Tumbuhkan Wawasan Kebangsaan, Wabup Minta Sekolah Berinovasi

0
129

Serumpuntimur.com, Muarasabak– Saat membuka Sekolah Kebangsaan (12/12) kemarin ,Wakil Bupati Tanjab Timur, H Robby Nahliansyah meminta tenaga pendidik diminta membuat inovasi dan terobosan untuk menyikapi  rendahnya wawasan kebangsaan dan kurangnya rasa nasionalisme ditingkat belajar.

Sebab, jika menuntut dari kurikulum tentu sulit dilakukan, mengigat kurikulum K13 lebih mengedepankan pendidikan karakter. Disamping itu, Robby juga berharap agar guru bukan hanya mengajar, tapi harus mendidik.

Dijelaskan, sebagai pemangku kebijakan, tentunya pemerintah sangat miris dengan sikap para pelajar saat ini. Dimana seorang pelajar tidak hormat dengan guru. Sedangkan guru sendiri hanya bisa mengajar dan mengajar sesuai dengan kewajibannya dan tanpa harus mendidik.

“Kepedulian para guru,kepala sekolah di tuntut untuk membuat terobosan, komitmen ini harus sama-sama kita jalankan,”harap Robby.

Dijelaskan, salah satu upaya pemerintaha agar wawasan kebangsaan, krisis moral dan kurangnya nasionalisme di tingkat pelajar ini kembali tumbuh, Pemda Tanjab Timur membuat sekolah kebangsaan. Pesertanya, para siswa utusan sekolah,UPTD dan kepala Sekolah.

Jika melihat problem saat initentu yang disalahkan jelas pemangku kebijakan. Karena tidak adanya standar pembelajaran wawasan kebangsaan di sekolah. Untuk itu pemerintah bekerja sama dengan pihak Kejari dan Kepolisian dan TNI untuk membuat komitmen bagaimana standar pembelajaran di sekolah.

Selian itu pula wabup meminta agar para peserta kegiatan sekolah kebangsaan dapat mahami pentingnya arti toleransi dan saling menghargai antar sesama, karena inilah sebenarnya nasionalisme. Tidak pandang Kaya,miskin,serta perbedaan agama.

“Kuncinya ada ditoleransi dan saling menghargai. Tetapi jika tidak punya toleransi sudah pasti main sikat. Dan sudah jelas akan menimbulkan sengketa,”tegasnya. (Rst)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here