Tentukan Zona Pemasangan APK, KPU Bersama Pemkab Tanjabtim & Stakeholder

0
103
Tampak rapat koordinasi penetapan zona pemasangan alat praga kampanye tengah berlangsung

Serumpuntimur.com,Muarasabak-Menjelang masuknya tahun pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Timur, selasa (2/10) , menggelar rapat koordinasi bersama pemkab Tanjabtim dan stakeholder terkait.

Rapat yang dipimpin oleh Asisten I Setda Tanjabtim Sujipto yang  bertempat di ruang rapat utama Bupati Tanjabtim,  dihadiri oleh Ketua Bawaslu Tanjabtim, Kasubag Teknis KPU, TNI, Polri, OPD terkait, dan camat se Kabupaten Tanjabtimur.

Dalam sambutanya, Asisten I Setda Tanjabtim mengatakan, meski tahun-tahun sebelumnya rapat koordasi penetapan lokasi pemasangan alat praga kampanye pernah dilakukan, namun ada kekeliruang yang ditemukan dilapangan. oleh karena itu masri sama-sama dalam rapat koordinasi ini, kembali di bahas  mana zona yang boleh dipasang alat praga kampanye, dan mana yang zona larangan.

“mari sama-sama kita membahas dan menyepakati mana saja zona yang boleh dipasang alat praga kampanye, dan mana yang zona yang tidak boleh dipasang alat praga kampanye,”ungkap Sujipto

Sementara itu, Kasubag Teknis Pemilu  dan Hupmas KPU Tanjabtim Masturi menuturkan, dalam rapat koordinasi penetapan lokasi pemasangan alat praga kampanye pemilu 2019, seperti pengalaman saat pilkada 2015 lalu, sudah semestinya untuk penetapan zona pemasangan alat praga kampanye dikaji kembali.

“penetapan zona ini harus dilakukan pengkajian bersama, agar saat pemasangan alat praga kampanye nantinya lokasinya sudah terarah,”ungkapnya

Apalagi, dalam PerKPU tidak semua zona bisa ditetapkan sebagai lokasi pemasangan alat praga kampanye, sepeti tempat ibadah dan halamanya, rumah sakit, tempat pelayanan masyarakat, dan tempat pendidikan. bahkan, untuk tempat-tempat pemasangan APK ini juga harus mempertimbangkan nilai etika, estitika, keindahan, kebersihan, dan keamanan.

“semua aspek ini harus menjadi perhatian ketika APK ini nantinya dipasang, apalagi menyangkut tentang nilai etika, estitika, keindahan, kebersihan, dan keamanan harus menjadi perhatian,”ucapnya

untuk zonasi pemasangan APK sendiri, lanjut Masturi, pemasanganya akan ditetapkan dengan keputusan KPU atas koordinasi dengan pemkab nantinya, mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan sampai ke Kabupaten.tukasnya.(jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here