Tarida: Penetapan Cagar Budaya Tergantung Kepala Daerah

0
76
Tarida, Kanit Penyelamatan Dan penyelamayan BPCB Jambi

Serumpuntimur.com,muarasabak-Meski Kabupaten Tanjung Jabung Timur kaya akan situs dan benda cagar budaya peninggalan bersejarah, namun sampai saat ini belum satu pun yang ditetapkan sebagai benda cargar budaya. Masalahnay, dari  50 situs dan ribuan benda cagar budaya yang bergerak, sejuah ini belum juga di dafatarkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) jambi untuk dilakukan verifikasi oleh tim alhi Cagar Budaya.

“kalau untuk Tanjabtim, belum ada situs dan benda peninggalan bersejarah di tetapkan sebagai cagar budaya, karena belum di daftarakan ke BPCB untuk dilakukan verifikasi,”ujar Kanit Penyelamatan dan Pengamanan BPCB Jambi Tarida saat dikonfirmasi awak media.

Seharusnya, sebelum ditetapkan sebagai cagar budaya, benda peninggalan bersejaran yang ditemuakan harus dilakukan pendaftaran terlebih dahulu ke BPCB Jambi. setelah dilakukan  pendaftaran  nantinya akan di verifikasi oleh tim ahli cagar budaya.

“ kalau sudah dilakukan penelitaian oleh tim ahli cagar budaya, baru  penetapan dilakukan oleh kepala daerah sebagai cagar budaya,”jelasnya

Sebab, jika situs dan benda bersejarah tidak ditetapka cebagai cagar budaya, otomatis nantinya akan berpengaruh pada penganggaran untuk perawatan dan perbaikan.

“kegiatan sosialisasi hari ini sangat bagus, dan ini bukti kalau pemda aktif terhadap benda cagar budaya, mudah-mudahan dengan sosialiasi hari ini, kamis (2/8), kita bisa lebih banyak mendapatkan informasi tentang cagar budaya, dan cagar budaya yang ada di tanjabtim bisa bangkit kembali,”ucapnya.(Rst)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here