Tidak Menetapkan UMK, Ini Gaji Kalau Kerja di Tanjabtim…

0
109
Kadis Nakertrasn Tanjab Timur Mariontoni

Serumpuntimur.com, Muarasabak – Pemerintah Kabupaten Tanjab Timur memastikan tidak melakukan penetapan Upah Minumum Kabupaten (UMK) 2019. Dalam pengupahan, Tanjab Timur akan mengacu kepada Upah Minimum Provinsi (UMP).

Berdasarkan SK NOMOR//03/KEP.GUB/DISNAKERS-3.3/2018 tentang penatapan Upah Minimum Provinsi Jambi tahun 2019. UMP tahun 2019 mendatang sebesar Rp 2.423.889,16, naik sekitar 8,03 persen dari UMP tahun 2018 ini Rp 2.243.718,56.

Mariontoni, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Tanjab Timur mengatakan, Tanjab Timur tidak menetapkan UMK karena Tanjab Timur belum memiliki dewan pengupahan. Belum dibentuknya Dewan pengupahan juga karena belum adanya Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Tanjab Timur.

“pembentukan Aspindo itu di Provinsi. Makanya dengan tidak adanya dewan pengupahan maka kita menggunakan UMP,”katanya.

Dijelaskan, sesuai dengan undang udang tenaga kerja, upah minimum bisa ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten dan bisa saja tidak. hal ini disesuiakan dengan kondisi daerah.

Jika Daerah menetapkan UMK, nilainya harus lebih dari UMP. Dan hal ini akan menjadi persoalan, apakah mampu perusahaan yang ada DI Tanjab Timur ini membayar pekerjanya sesuai dengan standar yang ditetapkan pmerintah.

“ Makanya, dengan berbagai pertimbangan Tanjab Timur mengaju kepada UMP,”jelasnya. (Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here