Tanjabtim Bakal Punya Lahan Kopi Liberika

0
224
Bupati Romi saat melihat Kopi Liberika

Serumpuntimur.com,muarasabak-Rencana Pemkab Tanjabtim untuk mengembangkan lahan kopi liberika akan terwujud. Hal tersebut ditandai dengan kunjungan kerja Bupati Tanjabtimur ke lokasi lahan kopi di Jember dan Bondowoso Jawa Timur,selasa (24/7).

Didampingi para kepala OPD dan Kabag Humas Setda Tanjabtim, selama +- 7 jam Bupati Romi banyak mendapatkan penjelasan tentang seluk beluk kopi di Indonesia. Bahkan, Bupati dan rombongan berkeliling di area Puslitkoka dan melihat  langsung tahapan untuk menghasilkan kopi dan kakao berkwalitas tinggi.

“banyak hal yang cukup fundamental harus segera dilakukan bersama tim. Rencana awal tahun ini akan dilakukan pengembangan bibit di lima hektar areal KTM (kota terpadu mandiri) Geragai, dan di serentakkan dengan pelaksanaan demplot minimal 10 hektar,”ujar Romi sambil berbincang Sekretaris dinas pertanian Bondowoso dan rombongan.

Bahkan, Selama di Puslitkoka, Bupati Romi juga menyempatkan diri mencermati setiap tahapan pengolahan kopi dan kakao, sambil mencermati, sesekali Romi juga  berdiskusi dengan sejumlah petani asal Papua yang kebetulan sedang magang di lembah kawasan Javaijenraung Bondowoso.

Rencana pengembangan kopi liberika di kabupaten Tanjabtim sendiri sudah diwacanakan bupati Romi sejak April lalu. Liberika yang diketahui cocok bagi lahan gambut, menurut Romi layak dikembangkan di Tanjabtim yang memang sebagian besar tanahnya bergambut. Bukan tanpa alasan Romi ingin warganya yang bergelut di bidang perkebunan yang punya pilihan komoditas, selain kelapa sawit untuk dikembangusahakan. Secara keekonomian, kopi liberika dianggap mampu menandingi kelapa sawit. Romi optimis pengembangan 150 hektar di tahap awal program nanti bisa sukses berjalan.

“Tadi pak Ginanjar sudah menyatakan bahwa Petrochina pada prinsipnya sangat support. Ini sejalan dengan dukungan Pemprov Jambi yang juga mengalokasikan bantuannya bagi Tanjabtim, apalagi keseriusan dukungan Petrochina itu membuat saya optimis,”ucapnya.(Mtg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here