Tak Membuahkan Hasil, Petani Rantau Makmur Musnahkan  Sawit

0
45
Fhoto Ilustrasi (sumber,net)

Serumpuntimur.com, Muarasabak – Terpengaruh dengan obrolan keluarga, petani di Desa Rantau Makmur Kecamtan Berbak malah menanm sawit di lahan sawah mereka. Alhasil, jelang beberapa tahun sawit yang mereka tanam tidak berproduksi dengan maksimal , membuat petani harus kembali memangkas sawit yang sudah mereka tanam.

Waltono salah seorang petani yang diwawancara Serumpuntimur.com  menuturkan, drinya menanam sawit dilahan persawahan dikarenakan obrolan dengan keluarga yang mengatakan, jika sawit lebih menjanjikan karena dalam satu bulan bisa sampai dua kali panen.

“awalnya saya ngobrol sama keluarga di Merlung dan bahar, katanya sawit lebih menjanjikan. Tapi sudah saya tanam sampai saat ini belum juga menghasilkan, malah kondisi pohonnya semkain menguning,”ungkap Waltono

Selian itu, lanjut Waltono, kondisi sawah yang setiap tahunya selalu terendam banjir saat musim pasang besar, membuat sawit menjadi alternatif untuk ditanam.

“rencana kemaren, kalau padi fuso saat musim banjir, ada sawit yang bisa ditanam. Eh malah sawitnya tidak berproduksi maksimal, berbuah saja tidak,”tuturnya

Waltono nekat, dalam waktu dekat akan menumbangkan semua pohon sawit yang sudah dia tanam dilahannya seluas 3 hektar.

“pak Bupati juga sudah mau bantu membuat tanggul dan bantu bibit kalau kami menumbangkan sawit,  dalam waktu dekat sawitnya akan saya tumbangkan dan kembali menanam padi,”ucapnya.(Mtg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here