Status Tanah SMAN 8 Tanjabtim Belum Jelas

0
103
SMAN 8 Tanjabtim

Serumpuntimur.com, Muarasabak – Meski Sekolah Menengah Atas (SMA) Negri 8 Tanjab Timur, terbilang tua dan telah terakreditasi A, tapi sekolah ini masih berdiri diatas tanah yang tidak jelas.

SMAN 8 yang terletak di Kelurahan Parit Culum 1, Kecamatan Muara Sabak Barat, tidak memiliki sertfikat atas hak tanah sekolah. Tanah SMA 8 masih bersertifikat induk milik SDLB yang berlokasikan bergandengan dengan SMA N 8 tersebut.

“Sekolah ini sejak pertama kali dibangun hingga sekarang belum memiliki sertifikat sendiri,”ujar Fitri Kepsek SMAN 8 saat dikonfirmasi diruang kerjanya.

Fitri menjelaskan, pihaknya sudah berupaya memecah sertifikat sekolah. Caranya dengan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, BPN, dan Bidang aset, agar mengukur dan menentukan batas patok tanah SMAN 8.

“Pada tahun 2015 lalu, tim Kabupaten sudah pernah turun dan mengukur tanah sekolah ini, upaya untuk memecah sertifikat. Namun, sampai saat ini belum ada kejelasan,”jelasnya.

Sementara itu Hartono Kabid Aset DPKAD, Tanjab Timur membenarkan bahwa lokasi Tanah SMA N 8 belum memiliki sertifikat. Dikatakan, pemecahan sertifikat tanah SMA N 8 itu dicancel. Masalahnya, dalam proses pemecahan terjadi perubahan aturan jika SMA menjadi kewenangan provonsi.

“Kewenangan akan aset sekolah tersebut sudah menjadi kewenangan Provinsi, sementara kewenangan Kabupaten tidak bisa lagi untuk melakukan pemecahan sertifikat ini, jadi pemecaha sertifikat tanah SMA 8 di cancel,”katanya. (Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here