Sepekan Ada 2 Karhutla di Tanjabtim

0
Tim terpadu saat melakukan pemadaman

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Memasuki musim kemarau saat ini, setidaknya sudah dua kali terjadi Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) di Tanjab Timur. Api tersebut telah menghanguskan 3,4 hektar lahan masyarakat. Ungtungnya, api cepat diatasi sehingga Karhutla tidak meluas.

Karhutla ini terjadi di Parit 2 Kiri, Sungai Cemara Kecamatan Sadu. Dilokasi ini api menghanguskan lahan milik Cacok seluas 3 hektar pada 10 Juli lalu. Meski pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan kebakaran, tapi berdasarkan keterangan Cacok, api yang sempat membesar di lahannya akibat ada yang membuang punting rokok semberangan.

Dilokasi ini, tim sempat kesulitan memadamkan api. Sebab, dilokasi sumber air cukup sulit. Parit yang biasanya sebagai penampungan air mengalami kekeringan. Untungnya, berkar kerjasama tim dari BPDB, TNI, Polri dan Manggala Agni serta masyarakat api dapat dipadamkan.

Selanjutnya, kebakaran lahan juga terjadi Dusun Kemang, Desa Catur Rahayu Kecamatan Dendang. Dilokasi ini api menghanguskan seperempat hektar lahan milik Yunus.”Kalau dilokasi ini, lahan ini sengaja dibakar untuk pembersihan lahan untuk ditanami pinang. Dan saat ini persoalan ini tengah ditangani kepolisian,”ungkap Rahmad Hidayat Kabid Pencegahan BPBD Tanjabtim.

Lebih lanjut Rahmat Hidayat menjelaskan, berdasarkan pantauan tidak ada titik api di Kabupaten Tanjabtim. Namun, pihaknya terus melakukan pantauan dilapangan. Disamping itu, tim juga terus memberikan himbauan agar masyarakat tidak melakukan pembakaran.

Berdasarkan pemetaan katanya, dari 11 Kecamatan di Tanjab Timur, hanya ada 1 Kecamatan yang tidak rawan Karhutla, yaitu Kecamatan Kuala Jambi. makanya, tim terpadu Tanjabtim terus meningkatkan koordinasi untuk mencegah terjadinya Karhutla di Tanjab Timur.(Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here