Sepakati Kegiatan Pembangunan, Pemdes Rantau Jaya Gelar Musrenbang Desa

0

Muarasabak, Untuk menyepakati setiap pembangunan yang telah diusulkan melalui Musrenbang ditingkat Dusun, maka Pemerintah Desa Rantau Jaya, Kecamatan Rantau Rasau menggelar Musrenbang Desa untuk Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2021 mendatang.

Musrenbang Desa yang dilaksanakan di gedung Sarana Olahraga (Sorga) Rantau Jaya, Kamis (16/1) siang kemarin tersebut, dihadiri oleh Kasi Trantib Edison yang mewakili Camat Rantau Rasau, Kades Rantau Jaya, BPD dan seluruh pihak terkait.

Dalam sambutannya, Sumaryadi selaku Kades Rantau Jaya mengatakan bahwa, terlaksanannya Musrenbang Desa ini merupakan forum musyawarah perencanaan tahunan di Tingkat Desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil Musrenbang di Tingkat Dusun. Dan dari usulan – usulan yang disepakati nanti, akan dibawa ke Tingkat Kecamatan.

“Selain itu, melalui kegiatan Musrenbang Desa ini bisa mendorong partisipasi masyarakat Desa dalam menyusun perencanaan pembangunan Desa di Tahun 2021 yang akan datang,” katanya.

Kemudian ia menjelaskan, kegiatan ini telah di mulai dengan tahapan penggalian gagasan di tiap – tiap Dusun yang belum terkaper dengan DD dan ADD. “Nantinya akan didanai oleh APBD ll, APBD I dan APBN. Semua itu tentunya yang berskala prioritas,” jelas Kades.

Dalam kesempatan itu, Kades juga memaparkan hasil – hasil pembangunan yang telah dilaksanakan sepanjang Tahun 2019 yang menjadi amanat Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) serta menjelaskan besaran pendapatan yang diterima dari berbagai sumber keuangan sebagai wujud transparansi pengelolaan keuangan Desa.

Usai sambutannya, dilanjutkan dengan rembuk untuk membahas setiap usulan – usulan yang menjadi sekala prioritas dan disepakati secara bersama. Adapun topik yang dibahas yakni, mengenai rencana pembangunan Desa untuk tahun 2020 baik melalui rancangan RKP Desa maupun prioritas usulan kegiatan pembangunan Desa di Tahun 2021 yang akan diusulkan melalui Musrenbang Tingkat Kecamatan. (sgt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here