Selamat!!! Camat Mendahara Terpilih Jadi Camat Teladan Provinsi Jambi Tahun Ini

0
193
Plt. Gubernur Jambi H. Fachrori Umar saat memberikan piagam penghargaan kepada Camat Mendahara Abd. Rojak yang terpilih sebagai Camat teladan Provinsi Jambi tahun ini

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Satu lagi prestasi bagi Tanjab Timur, diakhir tahun ini. Kabupaten yang berada dipesisir Timur Jambi ini menempatkan Camatnya sebagai Camat Teladan Provinsi Jambi, tahun 2018. Abdul Rojak, Camat Mendahara dinobatkan sebagai Camat Teladan, setelah menggeser Camat Pasar, Kota Jambi dan Camat Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjab Barat yang menjadi nominasi Camat Teladan Provinsi Jambi tahun ini.

Apresiaai dan penghargaan Camat Teladan ini, langsung diberikan oleh Plt. Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar, Selasa (18/12). Dikatakan, pemilihan Camat teladan ini dilakukan untuk memotivasi semua Camat yang ada di Provinsi Jambi. Sebab, para Camat merupakan perpanjangan tangan di tingkat Kecamatan.

“Artinya jika semua Camat melaksanakan program secara maksimal dan baik, tentu akan berdampak pada Provinsi, karena mereka perpanjangan tangan kita di Kecamatan,”ungkapnya.

Untuk itu Fachrori berharap, agar Camat lainnya juga terus bekerja maksimal dan membuat inovasi untuk memajukan Kecamatan masing-masing.”Coba dilihat apa yang telah dibuat oleh Camat yang terpilih ini, dicontoh. Dan Camat yang jadi pemenang harus lebih baik lagi,”harapnya.

Sebelumnya, Abdul Rojak Camat Mendahara menjelaskan, Kecamatan Mendahara terdiri dari 8 Desa dan 1 Kelurahan. Posisinya berada di daerah pesisir dengan kondisi Geografis berupa dataran rendah dan rawa. Kondisi Geografis tersebut menyebabkan berapa permasalahan yang yang harus dipecahkan untuk kemajuan Kecamatan Mendahara.

Persoalan air bersih, koneksi antar desa, sanitasi lingkungan dan biaya transportasi yang tinggi menjadi persoalan. Namun dengan kondisi Geografis tersebut tidak menyurutkan langkah Pemerintah Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten untuk terus membangun menuju Tanjab timur MERAKYAT.

Berkat koordinasi yang baik dalam memenuhi kebutuhan air bersih, Program – Program pemerintah telah banyak dinikmati masyarakat. Sudah cukup banyak sarana air bersih yang telah dibangun baik melalui program Pamsimas, melalui APBD, melalui APBD Desa, dan APBN.

Begitu juga permasalahan sanitasi lingkungan, program SLBM telah dilaksanakan dibeberapa Desa dan Kelurahan. Hal itu jelasnya, berkat keseriusan masyarakat dan koordinasi yang baik yang telah dibangun.

Sehingga program ini setiap tahun terus bertambah dalam rangka mengatasi masalah sanitasi yang kurang baik, dan ini juga sejalan dengan program pengentasan kemiskinan, karena salah satu penyebab masih tingginya angka kemiskinan dikarenakan belum dimilikinya Septik tank oleh warga masyarakat.

Untuk membuka konektivitas antar Desa lanjutnya, pihaknya terus mendorong agar setiap Desa membuat program pembangunan membuka akses jalan menuju Desa tetangga, melalui pemanfaatan APB Desa.

“Berkat koordinasi yang baik antar lintas sektor pula, tahun ini juga telah dibuka jalan antar Desa melalui Program TMMD ke 103 yang menghubungkan Desa Pangkal Duri menuju Desa Sinar Kalimantan,”jelasnya.

Selain pembangunan infrastruktur tambahnya, Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), juga terus dilakukan. Menurut Rojak, membangun sumber daya manusia aparatur Desa dan masyarakat agar berfikir cerdas, berfikir untuk masa depan sangat dibutuhkan di era Globalisasi ini. Makanya, untuk mengejar itu beberapa inovasi telah dilakukan.

Seperti program Ngopi bareng diposkamling. Pada program ini sebagai implementasi pembinaan ketentraman dan ketertiban, sebagai program terpadu antara lintas sektor, pemerintah, TNI, Polri, dalam upaya pembinaan dan sosialisasi program pemerintah sekaligus menyerap aspirasi dan mendekatkan diri dengan masyarakat,

Sementara itu, dalam upaya pembinaan dan pengawasan penyelenggara pemerintah Desa dan Kelurahan agar dapat lebih optimal, Pemerintah Kecamatan bekerjasama dengan instansi lintas sektor melaksanakan program silahturahmi, olah raga, Jum’at keliling ( Liga Jumling ). Program ini sebagai wadah untuk pembinaan aparatur Desa, Kepala Desa/Lurah, pembinaan Kamtibmas, ketahanan nasional, pembinaan keagamaan, PKK, dan pembinaan olah raga yang ada di Desa/Kelurahan.

“Dan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, kita telah membuka gerai paten Mendahara. Tujuannya untuk melayani berbagi perizinan dan Non perizinan sesuai dengan kewenangan yang diberikan kepada Kecamatan,”urainya. (Indra Lesmana) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here