Saatnya Tanjabtim Miliki Musium, Amir : Kita Akan Himpun Terlebih Dahulu

0
40
Beberapa benda cagar budaya yang ada di Musium Mini Air Hitam Laut

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Ratusan benda kuno masih tersimpan di Desa Air Hitam Laut hingga saat ini. Selain disimpan di Musium Mini yang digagas KH As’ad Arsyad, Tokoh Masyarakat Air Hitam Laut yang juga pengasuh pimpinan Pondok Pesantren Wali Peetu, ratusan benda kuno tersimpan di rumah warga dengan berbagai jenis.

Menurut KH. As’ad, dengan banyaknya Benda Kuno yang ditemukan di Tanjab Timur,dirinya berharap agar ada musium yang represntatif di Tanjab Timur. Musium Maritim akan lebih tepat di Tanjab Timur, karena masih banyak benda kuno yang disimpan warga dari berbagai penjuru daerah di Tanjabtim khususnya diwilayah pesisir dengan tujuan memperkuat identitas Tanjab Timur sebagai kawasan martim.

“Musium itu juga tentu sangat tepat dijadikan tujuan penelitian dan pendidikan,”katanya.

Menanggapi itu Amirudin Kabid Kebudayaan Disparbudpora Tanjab Timur menjelaskan, memang Pemda Tanjab Timur, mengarah untuk pembuatan musium. Namun ada tahapan yang harus dilewati dan dicermati sebelum pembuatan musium.

Salah satunya pembentukan Tim pendaftar cagar budaya dari Unsur Pemerintah. Setelah semua benda kuno terangkum dari semua wilayah di Tanjab Timur, tentu akan dilanjutkan dengan pembentukan tim ahli cagar budaya yang melibatkan BPCB.

“Kita mengarahnya kesana (pendirian musium) tapi kita tentu harus melalui beberapa tahapan dan itu sudah kita lakukan mulai tahun depan salah satunya kita akan himpun terlebih dahulu cagar budaya yang ada,”jelasnya. (Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here