Rumah Korban Kebakaran Pangkal Duri Dibangun Kemensos

0
153
Viktor Siahaan Kasudit Bencana Ekonomi pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemnsos

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Kementrian Sosial memastikan akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat Desa Pangkal Duri, Kecamatan Mendahara, yang terkena musibah kebakaran beberapa waktu yang lalu. Kepastian ini disampaikan Viktor Siahaan Kasudit Bencana Ekonomi pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemnsos, Kamis (23/5), saat mengunjungi Desa Pangkal Duri.

Dikatakan, kedatangannya ke Desa Pangkal Duri, untuk melakukan verifikasi dan validasi yang menjadi syarat penyaluran bantuan dari Kementrian. Jika syarat ini telah rampung, pihaknya akan segera menyalurkan bantuan sesuai dengan tingkat kerusakan tempat tinggal yang dialami korban.

Menurutnya, ada beberapa bantuan yang akan disalurkan oleh Kemensos. Diantaranya, bantuan bahan bangunan rumah. Bantuan ini akan diberikan kepada korban yang ingin membangun kembali tempat tinggalnya. Untuk indeks besaran bantuan, tentu bervariasi sesuai dengan sifat atau kualitas kerusakan rumah korban.

“Untuk bantuan ini, angkanya ada diangka 5-25 juta perumah,”jelasnya.

Selanjutnya, Kemensos juga akan menyalurkan bantuan jaminan hidup. Bantuan ini jelas Viktor Siahaan akan diberikan kepada semua anggota keluarga yang menjadi korban sebesar Rp 10.000 perhari selama 30 hari. Artinya, berapapun jiwa yang ada didalam Kartu Kepala Keluarga yang terkena musibah akan dibantu. Jika dalam KK ada 5 jiwa maka akan dibantu Rp 50.000 perhari dan akan dikali selama 30 harui.

Kemensos juga akan salurkan bantuan usaha ekonomi produktif. Bantuan ini akan diberikan kepada Keluarga yang sebelum kejadian memiliki usaha dan usaha itu sebagai mata pencarian. Karena mata pencariannya hilang pasca kebakaran. Maka akan dibantu dengan program pemulihan usaha ekonomi produktif.

“Disamping itu, semua Kepala Keluarga juga akan mendapatkan bantuan berupa isi hunian tetap. Bantuan diberikan berbentuk peralatan kebutuhan rumah tangga, seperti kasur kursi meja dan ember. Intinya apa yang menjadi kebutuhan rumah tangga,”katanya.(Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here