Romi Tagih Janji Gubernur

0
H. Romi Hariyanto Bupati Tanjabtim

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Tekad Pemda Tanjab Timur,  untuk membangun Jembatan Nipah Sadu sudah bulat. Meskipun support anggaran dari Pemprov tidak jelas, Pemda Tanjabtim akan menggunakan APBD dengan pola multiyears.

Makanya, Romi Hariyanto, menagih apa yang telah diucapkan Gubernur Jambi. Romi masih berharap Pemprov Jambi, konsisten dengan apa yang pernah dijanjikan gubernur Fachrori Umar beberapa waktu lalu.

“Tentu kita sangat berharap Pemprov Jambi membantu niat baik ini. Pak Gubernur janji bantu kan Rp 40 miliar. Kita harap bisa lebih lah biar lebih cepat selesai,” kata Romi

Baca juga : http://serumpuntimur.com/fachrori-setuju-costsharing-bangun-jembatan-nipah-sadu/

Jembatan Nipah-Sadu direncanakan dibangun pada tahun ini juga dengan anggaran multiyears. Diperkirakan menelan anggaran Rp 148 – 155 miliar. Dan proses pembangunannya tinggal menunggu persetujuan DPRD.

Jembatan Nipah-Sadu dibangun memang untuk menyelesaikan konektivitas 11 kecamatan yang ada di Tanjabtim. Hanya Kecamatan Sadu, yang belum bisa diakses via darat. Padahal, di kecamatan ini tersebar delapan desa dan satu kelurahan dengan berbagai potensi dasar yang butuh dukungan transportasi darat.

” Di kecamatan ini pula mulai dibangun mega proyek Pelabuhan Ujung Jabung. Kecamatan ini pula yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Selatan sehingga dengan adanya jembatan tadi sangat membantu,”jelasnya.

Selain kaya akan perkebunan dan pertanian, sebagian besar wilayah kecamatan Sadu juga punya potensi pariwisata yang belum tergarap optimal. Sebut saja hamparan pantai Cemara di Desa Sungai Cemara. Di Pantai ini juga terkenal sebagai persinggahan burung migran lintas benua.

Sejumlah desa di kecamatan ini juga berbatasan dengan Taman Nasional Berbak (TNB) yang merupakan salah satu paru – paru dunia. Selain itu saat bulan Safar di Desa Air Hitam Laut selalu diselenggarakan kegiatan budaya berlangsung ritual budaya Mandi Safar setiap tahunnya. Makanya, keberadaan jembatan Nipah-Sadu dipercaya sangat strategis sebagai penyokong kemajuan Kecamatan Sadu.

Lagi pula, pembangunan jembatan Nipah-Sadu ini adalah janji yang harus ditepati sebagai salah satu upaya meretas keterisolasian wilayah. “Sepuluh kecamatan yang ada sudah terhubung, tinggal Sadu ini saja yang belum.

Makanya, kita berharap seluruh anggota DPRD Tanjabtim mendukung rencana ini. Dan kami yakin sebagai wakil rakyat, para legislator itu akan sepakat soal pentingnya jembatan itu nantinya,”harapanya.(Amir)

Senentara itu Sabri, Kepala Desa Air Hitam Laut, menyambut baik rencana dibangunnya jembatan Nipah-Sadu. Menurutnya,  jembatan ini menjadi jawaban atas tingginya biaya transportasi baik dari Sadu maupun keluar Sadu.

“Selama ini yang mahal itu biaya menyeberang. Apalagi kalau yang diangkut itu barang dengan jumlah besar. Dan itu yang selama ini dikeluhkan petani kita, karena itu kami segenap warga Desa Air Hitam Laut sangat mendukung direalisasikannya jembatan Nipah-Sadu,”katanya.(Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here