PetroChina Laksanakan Pelatihan Budidaya Maggot

0
64
Tamu undangan dan anggota kelompok tani yang hadir

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Untuk meningkatkan kapasitas Kelompok Tani Karya Muda, Desa Pandan Sejahtra Kecamatan Geragai, PetroChina International Jambung Ltd, mendatangkan Indo Karbon untuk memberikan pelatihan budidaya Maggot Black Soldier Fly atau (BSF). Pelatihan ini dipusatkan di Rumah Kompos Kelompok Tani Karya Muda, yang memang menjadi binaan PetroChina selama ini.

Pelatihan ini Indo Karbon akan mendampingi petani hingga 20 hari kedepan. Sebab, dengan rentan waktu 20 hari ini, semua fase sudah dapat dilakukan. Itu artinya, setelah pelatihan ini petani sudah memahami perputaran siklus budidaya maggot dari nol hingga selesai.

“Dengan demikian petani memahami semua siklusnya. Tidak terputus. Dan kedepan ini dapat berlanjut setelah kami selesai memberikan pendampingin,”ungkap Didi salah satu perwakilan dari Indo Karbon.

Dijelaskan, maggot ini cukup menjanjikan. Sebab, kegunaannya cukup banyak. Mulai dari pakan ikan hingga dijadikan di pupuk. Lagi pula maggot cukup baik karena memang bahan bakunya berasal dari limbah organik yang penuh protein.

Sementara itu, Banu Subagyo  Government and Relations Superintendent PetroChina International Jabung Ltd mengatakan, pelaksanaan pelatihan ini merupakan salah satu support PetroChina untuk menambah kompetensi Kelompok Tani Karya Muda. Kedepan masih sangat banyak kegiatan bersama yang akan dilakukan di Kelompok Tani Karya Muda.

Karena memang Kelompok Tani Karya Muda ini diproyeksikan menjadi tempat belajar kelompok tani atau Kabupaten lainnya. Di Kelompok ini nanti akan dikembangkan Pertanian, Peternakan dan Perikanan. Semuanya akan dilakukan secara terintegrasi.

“Kita berharap Kelompok lain (Tani) Pemerintah Daerah lainnya dapat belajar disini. Sehingga, masyarakat kita lebih banyak yang memahami dan melaksanakannya ditempatnya masing-masing,”harapanya.

Untuk diketahui, pelatihan ini sendiri dibuka oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanjab Timur Rajito. Kelompok Tani Karya Muda sendiri memiliki anggota sebanyak 23 orang. Kelompom tani ini juga telah memproduksi pupuk kompos sebanyak 50 ton. (Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here