Pemdes Tri Mulyo Tampung Usulan Masyarakat Melalui Musrenbang Desa

0

Muarasabak, Untuk menampung setiap usulan dari masyarakat didalam pembangunan, maka Pemerintah Desa Tri Mulyo, Kecamatan Rantau Rasau, Selasa (21/1) kemarin menggelar Musrenbang Desa untuk menyusun RKPDes di Tahun 2021.

Dalam Musrenbang Desa tersebut, Kepala Desa Bambang Handayani meminta, agar masyarakat dapat menyampaikan setiap usulan pembangunan yang berskala prioritas. Dan seandainya setiap usulan itu bisa terkaper oleh ADD dan DD, maka pembangunannya tetap dilanjutkan. Jika tidak terkaper, akan disampaikan dalam Musrenbang Kecamatan. Karena kalau ditingkat Kecamatan bisa mengusulnya kembali melalui dana APBD ll, APBD I Provinsi maupun APBN.

Kemudian Kades menjelaskan, kalau kegiatan Musrenbang Desa ini menjadi rutinitas tahunan ini. Yang bertujuan, untuk menyusun Rencana Kegiatan Pembangunan Desa pada tahun selanjutnya. “Sehingga kegiatan yang akan dilaksanakan dapat terencana dengan baik,” jelas kades.

Sementara itu, Camat Rantau Rasau Budi Wahyu menegaskan bahwa, dalam Musrenbang Desa yang dilaksanakan, hendaknya sama – sama mencermati setiap pembangunan yang dikerjakan melalui ADD dan DD.

Ia juga menghimbau, setiap usulan yang akan diajukan di Tahun 2021 tersebut, perlu dirembukkan bersama. Mana yang paling mendesak itulah yang diprioritaskan.

“Kalau bisa, pembangunannya jangan terfokus dengan Infrastruktur saja. Karena masih banyak yang lain, seperti Pendidikan, Sumber Daya Manusia, Pertanian dan lain sebagainya,” himbau Camat.

Dalam Musrenbang Desa tersebut, dihadiri oleh Camat Rantau Rasau, Kades beserta Perangkat Desa, Anggota DPRD Kabupaten, BPD serta seluruh pihak yang terkait. (sgt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here