Pemda Tanjabtim Buat Aplikasi Jual Beli Untuk Masyarakat

0
Hermantoni Kepala Dinas Infokom Tanjabtim

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), telah membuat aplikasi Pasar Elektronik (e-Pasar) yang diberinama Sipadi (Sistem Informasi Pasar Digital).

Aplikasi ini berfungsi untuk mengembangkan bisnis masyarakat. Diaplikasi ini kerajinan tangan, hasil pertanian, hasil perkebunan, kendaraan dan yang lainnya dapat dipasarkan. Makanya, Aplikasi e-Pasar ini sangat bagus untuk mengembangkan usaha masyarakat.

“Diaplikasi itu juga bisa dijadikan tempat jual beli. Dan itu hanya berlaku untuk masyarakat Kabupaten Tanjabtim,”kata Hermantoni Kepala Dinas Infokom Tanjab Timur.

Karena hanya untuk masyarakat Tanjab Timur kata Hermantoni, jika ada orang luar dari Tanjabtim memasang produk atau usaha-usahanya di aplikasi itu, maka akan langsung dihapus. Akan tetapi, jika orang luar ingin membeli salah satu produk yang ada dijual di aplikasi itu dapat dilakukan.

Selain itu lanjutnya, aplikasi e-Pasar tersebut, juga akan memberikan informasi kepada masyarakat terkait harga-harga hasil perkebunan. Seperti pinang, sawit, kopra, kelapa dan lain sebagainya.

Dengan demikian, masyarakat dapat mengetahui berapa harga pasaran komoditi pertanian. Kemudian, masyarakat juga bisa membandingkan harga antara pembeli yang satu dengan lainnya. Sehingga selain keterbukaan harga, harga penampung pun bersaing

Adanya gagasan membuat aplikasi itu, didasari atas kebingungan masyarakat menjual hasil kerajinan dan perkebunannya.”Sekarang jaman sudah canggih. Dan sudah banyak orang-orang yang menjual produk melalui media online. Makanya membuat aplikasi ini khusus untuk masyarakat Tanjabtim,”jelasnya.

Ditambahkannya, tujuan pembuatan e-Pasar itu untuk membantu masyarakat Tanjabtim memasarkan semua bentuk usahanya. Makanya, dengan adanya aplikasi e-Pasar ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Tanjabtim.(Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here