Pansel JPT Tak Rekomendasikan Nama Untuk Balitbangda, Ini Penyebabnya…

0
91
Angga Kabid Promosi dan Mutasi BKPSDMD Tanjab Timur

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Proses lelang terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Tanjab Timur, telah usai. Panitia lelang telah merekomendasikan 3 orang nama untuk dipilih oleh Bupati Tanjab Timur. Namun, dari 8 JPT yang dilelang satu diantaranya tidak mendapat rekomendasi dari Pansel.

JPT yang tidak mendapat rekomendasi dari Pansel adalah Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah. Angga Kabid Mutasi dan Promosi, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Tanjab Timur mengatakan, tidak adanya rekomendasi dari Pansel untuk Balitbangda, karena peserta yang ikut hingga tahapan akhir seleksi hanya dua orang.

“Pansel hanya dapat merekomendasikan jika peserta yang ikut hingga tahapan akhir tiga orang. Dan untuk Litbang ini, ada salah satu peserta yang tidak hadir saat pemaparan makala. Makanya hanya dua orang,”katanya Selasa (26/3).

Karena tidak ada rekomendasi jelas Angga, pihaknya masih menunggu arahan dari Kepala Daerah, terkait pengisian JPT untuk Balitbangda. Bisa saja Bupati menginginkan adanya Seleksi ulang, atau ada kebijakan sendiri dari Kepala Daerah.

Sementara itu, untuk tujuh JPT yang telah mendapatkan rekomendasi telah disampaikan ke Kepala Daerah, untuk menetapkan salah satu nama yang telah direkomendasikan oleh Pansel. Setelah dipilih Kepala Daerah, BKPSDMD akan menyampaikan nama-nama JPT kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Hanya saja, ada perbedaan untuk JPT yang mengisi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. BKPSDMD akan menyampaikan nama yang dipilih oleh Kepala Daerah kepada Dirjen Capil Kemendagri untuk mendapat persetujuan. Setelah itu baru keajukan ke KASN.

“Jadi untuk pelantikannya bias saja untuk Kepala Dinas Capil ini tidak bersamaan, karena memang prosesnya panjang. Harus ke Dirjen Capil dahulu baru ke KASN,”jelasnya.

Untuk diketahui, delapan JPT yang telah dilelang adalah Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Balitbangda dan Kepala Dinas Satpol PP. (Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here