Nelayan Sungai Minta Perlakuan Sama

0
83
Foto/Net

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Nelayan di Tanjab Timur terus mendapat perhatian dari Pemerintah. Sayangnya, hal ini hanya bagi Nelayan yang mencari ikan di Laut. Nelayan Sungai belum tersentuh. Makanya, nelayan Sungai minya perhatian yang sama.

Sugianto (40) warga Puding RT 01 kecamatan Rantau Rasau mengatakan, dirinya sangat mengharapkan ada perlakuan sama. Selama ini, dukungan pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi dan Pusat kepada masyarakat yang kerjaannya sehari-hari sebagai nelayan begitu banyak. Mulai dari Rumah Nelayan, alat tangkap Ikan seperti Jaring hingga Pompong.

Namun disayangkan bantuan pemerintah selama ini kebanyakan hanya untuk nelayan laut saja. Sedangkan di wilayah Tanjab timur tidak hanya pencari ikan laut saja. Nelayan sungai juga banyak, persisnya nelayan yang mencari ikan mengunakan Jala, Jaring Belat dan Rawai Udang.

“Mencari Ikan adalah panghasilan utama iya sejak usia belasan tahun sampai saat ini menghidupkan keluarga dengan menangkap ikan sungai. Makanya, kami berharap agar kami juga diperhatikan,”harapnya.

Sugianto melanjutkan, Nelayan yang mencari Ikan di Sungai, yang tinggal di Puding ada 20 orang. Dirinya meyakini di Daerah lain juga cukup banyak. Karena sering bertemu saat mencari Ikan.

“Kami merasa pemerintah kurang adil membantu Nelayan, apa bedanya kami dengan nelayan laut. Tapi, yang sering diberi bantuan alat tangkap ikan, perumahan nelayan dan pompong Nelayan yang ke Laut. Sedangkan kami jangankam rumah, pompong. Jaring Belat, Jala, hingga perahu tak ada dibantu,”keluhanya.

Sugianto berharap Nelayan sungai juga diperhatikan pemerintah daerah. Karena di daerah kabupaten Tanjabtim ini tidak hanya nelayan laut saja yang butuh bantuan. “Kami yang tinggal di pinggiran sungai sehari-hari menghidupkan keluarga dengan menangkap ikan sungai. Jika perlu dilakukan pendataan untuk nelayan sungai khusus di kecamatan Rantau Rasau kami siap,”katanya. (Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here