Musrenbang Kecamatan Nipah Panjang Prioritaskan Air Bersih Dan Mobilisasi Sampah

0

Muarasabak, Pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan yang dilaksanakan di gedung Serba Guna Nipah Panjang, Senin (3/2/20) siang, telah memprioritaskan kebutuhan akan Air Bersih serta tempat pengolahannya. Selain itu, Sarana dan Prasarana hingga Mobilisasi untuk Sampah juga menjadi prioritas dalam RKPD 2021 mendatang.

Menanggapi hal ini, Camat Nipah Panjang, Helmi Agustinus mengatakan bahwa, terlaksanannya kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan di Tahun 2020 ini adalah, untuk menetapkan Skala Perencanaan Pembangunan di Tahun 2021 mendatang. Dimana sebelumnya, telah dilaksanakan juga Musrenbang di Tingkat Desa maupun Kelurahan yang di mulai dari tanggal 06 sampai 14 Januari 2020.

Melalui Musrenbang tersebut, Camat telah menghimbau kepada lara Kades maupun Lurah untuk dapat menggunakan Anggaran Dana Desa dan Dana sebaik mungkin, serta sesuai dengan peruntukan kebutuhan masyarakat. Karena, dengan cara ini adalah salah satu strategi untuk pengurangan angka kemiskinan yang ada di Kecamatan Nipah Panjang.

Kemudian Camat menjelaskan, berdasarkan rekapan usulan pada Musrenbang di Tingkat Desa maupun Kelurahan, pihaknya telah menginput di E Planning berjumlah 424 usulan. Dan dari 424 usulan itu, hanya 76 usulan yang di verifikasi menjadi skala prioritas.

“Sedangkan sisa 348 usulan, telah masuk dalam daftar rekapan di E Planning Bappeda Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim),” jelas Camat.

Sementara itu, dalam kata sambutan Sekda Tanjabtim, Sapril, menyampaikan bahwa, Musrenbang adalah sebuah wadah mekanisme perencanaan untuk mempertemukan usulan masyarakat (Bottom up Planning) dengan program Pemerintah (Top Down Planning)
dengan melibatkan masyarakat dan para kepentingan (Stakeholder) secara partisipatif, mulai dari Desa sampai Tingkat Nasional.

“Kegiatan Musrenbang ini juga merupakan momen yang sangat penting bagi semua masyarakat, perangkat Daerah dan seluruh Stakeholder. Karena semua kegiatan yang akan dilaksanakan, berawal dari usulan kegiatan dalam Musrenbang,” paparnya.

Karena itu, ia berharap, agar forum ini dapat menghasilkan output berupa kegiatan kegiatan yang benar-benar menjadi prioritas Kecamatan. Bukan program kegiatan yang sekedar hanya bersifat keinginan. Tetapi hendaknya terarah pada program program yang dapat menjadi pengungkit meningkatnya kesejahteraan dan standar pelayanan di masyarakat.

“Untuk ini saya mengharapkan agar seluruh perangkat Daerah dapat mempertajam dan lebih memantapkan rencana kerjanya serta mampu menjabarkan secara lengkap dalam program dan kegiatan yang disusun dalam RKPD 2021 sebagai acuan dalam RKPD yang bermuara pada APBD 2021,” harapnya.

Dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan Nipah Panjang tersebut, selain dihadiri oleh Sekda, juga dihadiri oleh Asisten ll, Staf Ahli, Forkompinda, Forkompincam, anggota DPRD Tanjabtim, anggota DPRD Provinsi Jambi M. Juber serta seluruh pihak terkait. (sgt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here