Mui Minta Pemda Tanjabtim Tunda Vaksin MR

0
928
Ketua MUI Tanjabtim KH. Arsuadman Arsyad

Serumpuntimur.com, Muarasabak – Polemik Vaksin MR juga disikapi secara tegas oleh Majlis Ulama Indonesia (MUI), Tanjab Timur. MUI meminta agar Pemda Tanjab Timur, menunda pelaksanaan Vaksin MR.

Arsuadman Arsyad Ketua MUI Tanjab Timur mengatakan, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Bupati Tanjab Timur. Dalam komunikasi itu, MUI meminta agar pelaksanaan Vaksin MR diitunda.

“Kita sudah minta dengan Pak Bupati agar pelaksanaanya ditunda, sampai ada keputusan resmi. Karena memang Vaksin MR ini belum ada sertifikat halalnya,”tegasnya.

Dijelaskan, MUI pada prinsipnya sangat mendukung program Pemerintah apalagi itu untuk kesehatan masyarakat. Hanya saja, sebelum program itu dilaksanakan ada fase yang harus dilalui. Bahanynya harus disertifikasi terlebih dahulu.

Sertifikasi itu lanjutnya, merupakan amanah Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Dan pemerintah juga telah menyepakati satu-satunya lembaga yang dapat melakukan sertifikasi itu adalah MUI.

“Tadi kami juga sudah dapat jawaban dari Pusat melalui MUI Provinsi, Jumat mendatang Kemenkes akan memberikan sample ke Vaksin MR ke MUI untuk dilakukan pengujian. Makanya, kita minta agar pelaksanaan Vaksin ditunda dulu. Kita tunggu keputusannya Jumat nanti,”jelasnya.

Selain permintaan penundaan pelaksanaan Vaksin MR, Kamis (2/8) MUI akan melakukan rapat dengan melibatkan, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kemenag, Camat dan KUA yang ada di Tanjab Timur. (Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here