Jika Tak Diusung Partai, Markaban Akan Tempuh Jalur Independent

0
Markaban Wakil Ketua DPRD Tanjabtim

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Wakil Ketua DPRD Tanjab Timur Markaban, kembali menyampaikan keseriusannya untuk mencalonkan diri sebagai Calon Bupati (Cabup) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), 2020 mendatang.

Dikatakan, jika memang dirinya tidak mendapatkan dukungan dari Partai Politik (Parpol), kader PDIP ini akan maju lewat jalur independent. Namun, opsi ini katanya, merupakan opsi terakhir jika lobi-lobi dengan Parpol tidak berhasil.

“Tapi kan ini masih ada waktu (untuk lobi-lobi Partai), kalau ndak ya independent,”ungkapnya Senin (8/7), setelah Sidang Paripurna penyampaian KUA dan PPAS 2020.

Sejauh ini lanjutnya, dirinya pun berkeyakinan jika dirinya akan diusung oleh PDIP. Begitu juga dengan Parpol lain, komunikasinya cukup baik. Jadi, hingga saat ini dirinya optimis akan maju sebagai Cabup. Dan jika dilihat dari perolehan kursi di DPRD Tanjab Timur, PDIP hanya butuh infus 2 Kursi untuk mencalonkan kadernya sebagi Cabup.

Sementara itu, Nurdin Komisioner KPU Tanjab Timur mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, pada Pasal 41 tentang Calon perorangan huruf A, disebutkan untuk Calon perorangan di Kabupaten yang Daftar Pemilih Tetap (DPT) nya 250 ribu, maka jumlah dukungannya minimal 10 persen.

“Berdasarkan UUD Nomor 10 2016, sebanyak 10 persen. Itu artinya cukup 25 ribu dukungan, yang dibuktikan dengan eKTP atau Surat Keterangan (Suket), yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,”katanya. (Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here