Ganti Rugi Benda Cagar Budaya Dianggarkan Lagi

0
55
Amirudin, Kabid Kebudayaan Disbudparpora Kabupaten Tanjabtim

Serumpuntimur.com, Muarasabak – Pemda Tanjab Timur memastikan, pada 2019 mendatang ganti rugi cagar budaya kembali dianggarkan. Harapannya, dapat menarik minat masyarakat untuk menyerahkan benda cagar budaya yang dimiliki atau ditemukan warga.

“Kita sudah berkoordinasi dengan DPRD Tanjabtim, jika tidak ada perubahan, Insya Allah 2019 nanti ganti rugi cagar budaya kembali dianggarkan,” ungkap Amirudin, Kabid Kebudayaan, Disbudparpora Kabupaten Tanjabtim.

Ganti rugi benda cagar budaya ini terang Amirudin, sifatnya seperti dana tanggap darurat. Sehingga jika pun dana tersebut tidak digunakan, maka tidak akan menimbulkan silpa. Sehingga, tidak menjadi beban bagi Pemkab Tanjabtim.

“Sifatnya nanti seperti dana tanggap darurat, jadi jikapun tidak digunakan tidak apa-apa,” jelasnya.

Usulan untuk kembali menganggarkan ganti rugi benda cagar budaya katanya, tak hanya sekedar untuk menjaga dan melestarikan benda yang memiliki nilai sejarah di Kabupaten Tanjabtim.

Jika benda cagar budaya yang berhasil dikumpulkan Pemkab Tanjabtim cukup banyak, maka selanjutnya Pemkab Tanjabtim dapat mengusulkan pembangunan museum ke pemerintah pusat.

“Tujuan akhir kita untuk mengajukan usulan ke Pemerintah Pusat guna membangun museum di Kabupaten Tanjabtim,”katanya. (Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here