Festival Mandi Safar Berlangsung Meriah

0
31
tampak menara yang diarak keti pantai sambil mandi bersama

Serumpuntimur.com,Muarasabak-Berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana ritual adat mandi safar sebelumnya hanya dilaksanakan do’a bersama, dan mandi bersama, tahun ini Dinas Budarpora Tanjabtim mendatangkan satu artis ibu kota Nelvi KDI dan rombongan wak kocai untuk menghibur masyarakat dan wisatawan yang aa di Pantai Babussalam Air Hitam Laut, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

tampak Bupati, wabup, kapolres, rektor Unbari, camat, dan para OPD saat perispan ritual adat mandi safar 

Sangat meriah, masyarakat yang berkunjung untuk melihat festival mandi safar tidak hanya dari masyarakat kabupaten Tanjung Jabung Timur, tapi dari pulau Jawa, dan Kabupaten tetangga pun ikut menyaksikan ritual adat mandi safar Desa Air Hitam Laut, bahkan wisatwan dari manca negara pun ikut menyaksiakn ritual adat mandi safar.

Bupati Tanjabtim H Romi Hariyanto dalam sambutanya mengatakan, kegiatan mandi safar merupakan wujud syukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikanya, dan perlu di ketahui, kegiatan ini tidak ada maksud apa-apa, dan kegiatan ini murni untuk melestarikan adat istiadat yang ada di Air Hitam Laut.

tampak masarakat dan wisatwan yang hadir meyaksika serta ikut mandi bersama

“kegiatan kita hari ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah, tidak ada maksud apa-apa, dan ini murni untuk melestarikan adat istiadat kita di Desa Air Hitam Laut,”ungkpanya.

Untuk kedepanya, kegiatan festival mandi safar ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung.

“Pemkab akan menjadikan event ini menjadi destinasi wisata, dengan catatan bagi seluruh masyarakat,  kalau ada tamu yang berkunjung kita sambut tamu – tamu kita dengan senyum, karen senyum merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke kampung halaman kita,  begitu juga dengan rumah untuk menginap,  buatlah rumah tersebut yang bisa membuat tamu yang datang merasa betah,”pintanya

Sementara itu, Plt Kadis Budparpora Tanjabtim Sutiyana melalui Kabid Pariwisata Ulfi  Rahmat mengatakan, memag tahun ini kita merencanakan untuk membuat ritual ada mandi safar dengan meriah.

“memang setiap tahun kita selelu mengkroscek ritual adat mandi safar, agar pelaksanaan ditahun-tahun berikutnya bisa semakin baik dan meriah, dan alhamdulillah tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya,”ungkap Ulfi

Ulfi berencana, ditahun berikutnya akan membuat festival mandi safar lebih besar dan meriah lagi. Apalagi festifal kali ini sudah mampu menarik rasa penasawan wisatawan lokal dan mancanegara untuk melihat secara langsung festival mandi safar.

tampak Nelvi KDI saat fhoto bersama unsur Forkompinda Pemkab Tanjabtimur

“kita lihat sendiri, ada wisawan manca negara yang hadir melihat festival mandi safar, artinya festival ini sudah mampu memberikan penasaran bagi masyarakat luas untuk menyaksikan secara langsung ritual adat mandi safar, dan tahun depan kita berencana akan membuat festival mandi safar lebih besar lagi,”ucapnya.(Jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here