DPT Tanjabtim Bertambah 10 Ribu Lebih, Bawaslu : Kok Bisa….

0
105
Nurkholis Ketua KPU Tanjab Timur

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Berdasarkan hasil pleno Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) II, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Tanjan Timur, DPT Tanjab Timur sebanyak 169.107. Jumlah ini bertambah 10.328 jika dibandingkan DPTHP I yang jumlahnya hanya 158.779.

Jumlah DPT ini juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4), yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Tanjab Timur.

Menanggapi ini Ketua KPU Tanjab Timur, Nurkholis mengatakan, adanya penambahan DPT itu berdasarkan hasil program Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Dilapangan tim GMHP mendata pemilih pemula, yang sebelumnya tidak masuk dalam DPTHP I.

“Adanya penambahan 10. 328 itu berdasarkan GMHP. Kenapa ada perbedaan dengan DP4, karena umumnya (Tambahan DPT) itu berasal dari pemilih pemula. Saat kita datangi mereka sudah masuk pemilih pemula jadi kita masukan, sementara mereka belum masuk dalam DP4,”jelasnya.

Selain itu katanya, di Tanjab Timur juga ada penambahan Tempat Pemilihan Suara (TPS), sebanyak 2 TPS. Sehingga TPS Tanjab Timur pada Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang sebanyak 729, yang awalnya hanya 727 TPS.

“Tambahan TPS itu, 1 di Desa Air Hitam Laut dan 1 nya di Kelurahan Rano,”katanya.

Terpisah Samsedi, Ketua Bawaslu Tanjab Timur, mempertanyakan adanya perubahan drastis antara DPTHP I dengan DPTHP II, yang jumlahnya mencapai 10.328. Apalagi, tambahan itu juga melebihi DP4 yang dikeluarkan Disdukcapil.

“Bawaslu sendiri mempertanyakan kenapa ada perubahan yang begitu signifikan, sementara data dari dp4 dari Disdukcapil yang wajib KTP sebanyak 162.893 kalau dikalkulasikan ada penambahan yang secara otomatis belum terdata di Capil,”kata Samsedi Ketua Bawaslu Tanjabtim. (Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here