Disparbudpora Tanjabtim, Gelar Sosialisasi Sadar Wisata & Sapta Pesona

0
86
Foto bersama Peserta Sosialisasi, Narasumber dan Disparbudpora Tanjabtim

Serumpuntimur.com, Muarasabak – Untuk mengkaji ulang berbagai kebijakan untuk mendapatkan  strategi untuk meningkatkan pembangunan Kepariwisataan di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung, Bidang Pariwisata Disparbudpora Tanjabtim, Senin (6/8), melaksanakan kegiatan sosialisasi sadar wisata dan sapta pesona di Kampung Ratoue Muarasabak.

Acara yang mengangkat tema “membangun ekonomi masyarakat melalui pembangunan pariwisata tersebut, dihadiri oleh kelompok Iwisata , Kades, Lurah, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Narasumber Sosialisasi Sadar Wisana dan Sapta Pesona Disparbudpora Tanjabtim

Kabid Pariwisata Ulfi Rahmad, S.Stp dalam sambutanya mengatakan, dengan sosialisai ini nantinya program pengembangan kemitraan, kegiatan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata, serta sebagai wahana konislidasi dan kaji ulang berbagai kebijakan untuk meningkatkan pembangunan kepariwisataan di tanjatim.

“akses yang kurang memadai jangan dijadikan alasan untuk memajukan pariwisata kita, yakinlah jika kita mengelola pariwisata kita dengan baik, maka pembangunan akan datang dengan sendirinya ke kita,”ungkap Ulfi

Apalagi, salah satu tujuan otonomi daerah, agar setiap daerah dapat berkembang secara optimal sesuai potensinya  masing-masing untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, karenanya daerah diberikan kewenangan merencanakan, melaksanakan serta menggali potensi daerah.

“90% wilayah laut provisni Jambi ada di tanjabtim, artinya secara absolut kita memiliki keunggulan dari kabupaten lainya di bidang sumber daya alam kelautan, baik dari hasilnya mau pun keindahan alamnya,”tuturnya.

Apalagi lanjutnya, Tanjabtim dulunya merupakan pintu masuk kepedalaman wilayah jambi, sehingga kaya dengan berbagai peninggalan kuno yang identik dengan perkembangan historis masyarakat jambi. Hal ini menjadikan potensi wisata yang luar biasa dimiliki Tanjabtim.

“kesadaran wisata harus dibangun sejak dini pada diri individu masing-masing, agar masyarakat bisa membentuk kelompok yang memiliki kesadaran dan kepedulian yang besar terhadap pembangunan pariwisata dilingkungannya,”pintanya.

Ulfi berharap, peserta yang ikut sosialiasai sadar wisata dan sapta pesona, untuk terus berbenah diri membangun kesadaran moral menuju suksesnya program sapta pesona, terutama masyarakat yang tingga di lokasi objek siwata untuk terus menjaga kebersihan, kenyamana, keindahan, aman, dan memberikan kenangan manis bagi wisatawan.

“kalau lingkungan bersih serta nyaman, otomatis akan menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata di Tanjabtim,”pukasnya.(Mtg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here