Digugat Kalah Lagi, Kabag Hukum : Pemda Tidak Pernah Salah Dalam Mengeluarkan Izin

0
59
Idris Kabag Hukum Setda Tanjab Timur

Serumpuntimur.com, Muarasabak – Meski Pemda Tanjab Timur, kalah di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), Jambi, terkait Izin Mendirikan Bangunan (IMB) kepada Pabrik Kelapa Sawit (PKS), PT. Muara Jambi Sawit Lestari (MJSL), yang digugat Abun Yani, Kabag Hukum Pemda Tanjab Timur, menegaskan Pemda tidak pernah salah dalam mengeluarkan izin.

Dijelaskan, jika di lihat dari gugatannya terkait izin tentunya Pemda tidak pernah salah dalam mengeluarkan izin. Hal ini di karenakan apapun yang di ajukan oleh orang,lembaga dan istansi lain terkait perizinan jika telah memenuhi prosedur izin akan tetap di keluarkan. Terkecuali adanya persoalan kedudukan lokasi tidak jelas atau dalam masalah.

Sementara untuk PT MJSL ini dokumen jual belinya lengkap. Bahkan pihak perizinan juga telah melakukan suvei ke lokasi. Dasar inilah kenapa pemda mengeluarkan IMB. Pendirian PT MJSL ini juga telah melalui prosedur lain nya seperti dalam pendirian PT MJSL di ketahui oleh Desa, Camat, Tokoh masyarakat.

Bahkan dalam hal ini pula wilayah tapal batas pun harus di ketahui jika akan ada pengajuan izin pendirian PT MJSL.

“Yang jelas pihak PT MJSL sangat prosedural begitu juga dengan pihak perizinan. alasanya dalam pendirian di situ ada permintaan dari masyarakat melalui Camat. Bahkan seluruh instansi tekait di libatkan. Jadi tidak salah dan tidak cacat Pemda memberikan IMB kepada PT MJSL,”jelasnya.

Makanya, dalam perkara ini Pemda Tanjab Timur kembali menegaskan melakukan upaya banding setelah Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), Jambi mengabulkan gugatan Abun Yani yang membatalkan 4 Surat Keputusan yang dikeluarkan Kantor Perizinan Satu Pintu Tanjab Timur dibatalkan.

“Memori bandingnya sudah kita siapkan. Kita akan lakukan upaya banding,”tegasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Abun Yani juga telah mmenggugat izin lokasi PT. MJSL, dan Abun Yani dinyatakan menang. Bahkan, ditingkat Banding pun, PT.TUN Medan juga menguatkan putusan PTUN Jambi. (Rst)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here