Datang Ke KPUD Tanjabtim, Romi Dan Robby Serahkan Berkas Perseorangan

0

Muarasabak, Ribuan orang warga pendukung dan simpatisan, Jum’at (21/2) pagi ikut menghantarkan H. Romi Hariyanto dan H. Robby Nahliyansyah untuk menyerahkan berkas dukungan awal atau Formulir B.1-KWK Bakal Calon jalur perseorangan atau Independen pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di bulan September 2020 ke KPUD Tanjung Jabung Timur.

Meski diguyur rintik hujan, penyerahan berkas calon perseorangan Kandidat Romi-Robby tetap dilaksanakan. Ada sebanyak 30.203 dukungan foto copy dan surat pernyataan masyarakat yang mendukung Romi-Robby untuk maju jalur independen.

Saat diwawancarai sejumlah awak Media, Romi mengatakan, surat dukungan sukarela yang diterima oleh timnya keseluruhan itu mencapai sebanyak 82 ribu lebih. Namun dengan keterbatasan waktu dan sistem, sehingga syarat dukungan yang diserahkan ke KPU hanya sebanyak 30.203 dukungan.

“Keputusan saya maju jalur independen sudah final. Hal itu setelah saya berkonsultasi dengan sejumlah tokoh-tokoh dan para Tim,” katanya.

Romi menuturkan, bahwa Dirinya sudah siap dengan konsekuensi yang bakal terjadi dengan keputusan yang diambilnya saat ini. Namun Romi mengungkapkan, meski PAN tidak dapat lagi mengusung karena ia sudah memutuskan maju jalur independen.

“Saya berkeyakinan PAN tetap akan mendukungnya dalam pelaksanaan Pilkada yang dilaksanakan nantinya,” ucapnya.

Romi juga menyampaikan, majunya Dirinya melalui jalur independen, tidak ada maksud apapun ataupun berkhianat dari PAN. Menurutnya, keputusan itu diambil didasari dari besarnya dukungan masyarakat Tanjabtim agar dirinya maju melalui perseorangan.

“Yang jelas, saya maju jalur independen bukan maksud apa-apa ataupun berkhianat dari PAN. Saya maju independen karena dukungan masyarakat,” sebutnya.

Sementara, Ketua KPU Tanjabtim, Nurkholis mengatakan, yang di input dan berkas yang diserahkan bakal calon perseorangan H. Romi Hariyanto dan H. Robby Nahliyansyah telah dilakukan verifikasi kelengkapan oleh petugas KPU Tanjabtim.

“Surat dukungan dalam formulir B1, syarat minimal dukungan calon perseorangan di pemilihan serentak Pilkada 2020, yakni 10 persen dari jumlah DPT terkahir, yakni 168.575. Maka syarat minimal dukungan harus 16.858,” terangnya.

Setelah dihitung jumlahnya dan dinyatakan lengkap, selanjutnya akan masuk ke tahapan verifikasi administrasi. Verifikasi administrasi ini dimulai pada 27 Februari sampai dengan 25 Maret 2020. Sedangkan Verifikasi Faktualnya, mulai 26 Maret sampai dengan 15 April 2020.

“Disini kami akan melihat dan meneliti administrasi, apakah ada dukungan yang dilarang mendukung, seperti PNS, TNI, Polri dan Perangkat Desa,” jelasnya.

Ditambahkannya, jika sudah diteliti administarsi, selanjutnya tahapannya adalah verifikasi faktual. KPU akan menyesuaikan dukungan calon perseorangan berdasarkan tahapan dalam PerKPU Nomor 16 tahun 2019 yang mulai pada tanggal 10 sampai dengan 18 Mei 2020.

“Sedangkan untuk pendaftaran dimulai pada tanggal 16 sampai dengan 18 Juni 2020. Pendaftaran tersebut berbarengan dengan calon yang diusung oleh partai politik,” tutupnya.(ST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here