Bupati Tanjab Timur Buka Rakor Sensus Penduduk 2020

0

Muarasabak, Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur), H. Romi Hariyanto, SE secara resmi membuka Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 di aula Kantor Bupati, Senin (17/2/20) pagi.

Dalam arahannya menjelaskan bahwa, Sensus Penduduk 2020 ini akan dilaksanakan dalam Dua Periode, yaitu dengan cara Sensus Penduduk Online serta kegiatan Verifikasi dan Pencacahan Lapangan.

Arti dari Sensus Penduduk Online ini adalah, seluruh penduduk Indonesia dapat secara aktif mengisi data Kependudukannya secara mandiri melalui halaman website SENSUS.BPS.GO.ID pada Tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020 mendatang. Sedangkan untuk kegiatan Verifikasi dan Pencacahan Lapangannya, akan dilaksanakan pada Tanggal 1 sampai 31 Juli 2020.

Sebelum dilakukan Pencacahan Lapangan nantinya, akan dilakukan Verifikasi Lapangan terlebih dahulu. Yang mana petugas Sensus akan melakukan pengecekan keberadaan penduduk berdasarkan Daftar penduduk, dan petugas Sensus akan mendata penduduk yang belum melakukan Sensus Penduduk Online.

Bupati juga memaparkan bahwa, kegiatan Sensus Penduduk 2020 ini sangat penting. Karena akan dijadikan dasar rumusan kebijakan Pemerintah untuk Perencanaan Pembangunan dengan cara mengetahui jumlah penduduk suatu Wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur dan pendidikan terakhir.

Dan hasil dari Sensus Penduduk ini, tegas Bupati, dapat digunakan didalam menentukan kebijakan serta keputusan yang lebih tepat sasaran untuk diimplementasikan kepada masyarakat. Misalnya, apabila Wilayah tersebut perlu bangunan atau menambah fasilitas publik, Infrastruktur dan lain sebagainya, maka bisa di rumus dari hasil Sensus Penduduk tersebut.

Oleh karena itu, sambungnya, pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 ini sangat dibutuhkan keterlibatan semua pihak. Terutama bagi aparat Pemerintahan Wilayah Administrasi terkecil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada Bupati, Dukcapil, Kominfo dan dilanjutkan pemaparan materi serta diskusi. (ST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here