Bupati Tanjab Timur Apresiasi Kelanjutan Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung

0

Hal Ini Dituangkan Dalam Surat Pernyataan Dan Ditandatangani Pada HUT Provinsi Jambi Ke-63

Jambi, Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur), H. Romi Hariyanto, SE mengapresiasi kelanjutan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung yang telah disepakati dan ditandatangani di sela – sela HUT Provinsi Jambi Ke-63, Senin (6/1/20) pagi, di gedung DPRD Provinsi Jambi.

Kesepakatan tersebut, tertuang dalam Surat Pernyataan yang ditandatangani oleh Gubernur Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar M.Hum, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto SH, M.Si, DPR RI Komisi V Dapil Jambi Fraksi Golkar Drs. H. Hasan Basri Agus, MM, DPR RI Komisi V Dapil Jambi dari Fraksi PAN H.A Bakri, HM, SE, DPR RI Komisi V Dapil Jambi dari Fraksi PKB Syofyan Ali S,Ag, SH, M.Pd, Bupati Tanjab Timur H. Romi Hariyanto, SE, Ketua DPRD Tanjab Timur Mahrup, Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busro, SE dan Ketua DPRD Muaro Jambi Yuli Setia Bakti, SE.

Selain mengapresiasi, Bupati H. Romi Hariyanto, SE juga mendukung terhadap Pembangunan Ujung Jabung yang telah didukung penuh oleh DPR RI Komisi V Dapil Jambi tersebut.

“Saya selaku masyarakat Tanjab Timur dan mewakili Pemerintah Daerah sangat komit dan berterimakasih banyak atas atensi yang diberikan. Selaku yang diberikan amanah bagi masyarakat Tanjab Timur, saya mendukung 1000 persen apa yang telah dilakukan, mudah-mudahan ini dapat terwujud,” kata Bupati Tanjab Timur setelah selesai rapat Paripurna HUT Provinsi Jambi Ke-63.

Kemudian Bupati menjelaskan, bahwa belum lama ini telah dibagi tugas oleh Komisi V DPR RI Dapil Jambi terhadap Kabupaten Tanjab Timur maupun Provinsi Jambi dalam pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung tersebut. Adapun tugas yang diberikan kepada Pemkab Tanjab Timur yaitu menyiapkan persoalan lahan yang sebenarnya menjadi domain Provinsi.

“Tapi kita tetap membantu Provinsi, supaya Provinsi dalam membebaskan lahan tidak ada kendala. Untuk pembebasan lahan, anggaran pun ditanggung oleh Provinsi. Tapi bukan tidak ada penganggaran dari kita, tetap ada, karena Daerah – Daerah tertentu yang butuh dukungan dari kita akan tetap kita dukung. Tapi berapa anggaran yang akan kita siapkan kita belum tahu, karena harus tahu konsepnya yang akan diproses oleh DPR RI. Tapi tetap kita dukung termasuk dari APBD, tapi sejauh ini APBD kita belum keluar,” jelasnya.

Untuk lahan yang akan dihibahkan, tegasnya, seluas 100 hektar dan pembebas tengah berproses. Diharapkan dalam waktu dekat dapat terselesaikan. Namun tetap diperlukan dukungan dari seluruh pihak termauk Do’a dari masyarakat Tanjung Jabung Timur maupun Provinsi Jambi. “Walaupun Pembangunannya bukan saat ini rampung, tapi mudah-mudahan anak cucu kita yang dapat menikmati Pelabuhan Ujung Jabung,” tegasnya.

Sementara itu, Komisi V DPR RI Dapil Jambi dari Fraksi Golkar, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM menambahkan, bahwa dihari ini antara Pemda dan DPR RI telah sepakat melanjutkan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung. Termasuk pembahasan mengenai jalan menuju pelabuhan tersebut, yang masuk kawasan Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjab Timur.

“Kami dari Komisi V DPR RI pada dasarnya mendukung kelanjutan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung. Tidak ada alasan lagi Pemerintah Pusat menolak surat kita. Apalagi sudah banyak uang yang digelontorkan untuk pembangunan pelabuhan Ujung Jabung,” terangnya.

Kesepakatan yang telah dilakukan, paparnya, merupakan modal besar untuk melanjutkan pembangunan pelabuhan Ujung Jabung. Setelah ini, baik Gubernur maupun Ketua DPRD Provinsi Jambi untuk dapat menghadap kepada Kementerian Perhubungan, agar berkoordinasi dan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung dapat dilanjutkan.

“Kita tidak ada target penyelesaian, yang penting terus dilanjutkan, karena proses pembangunan pelabuhan itu memakan waktu yang lama. Contohnya Pelabuhan Tanjung Api – api saja sampai sekarang belum berfungsi karena dananya cukup besar, yang penting lanjut,” pungkasnya. (Hipni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here