BKP Kelas I Jambi Sosialisasikan Peningkatan Ekspor Pertanian di Tanjabtim

0

Muarasabak, Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Jambi mengadakan Sosialisasi Peningkatan Ekspor Pertanian di gedung PKK Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Selasa (21/1) pagi.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati, H. Robby Nahliyansyah, SH tersebut, juga menerangkan Undang – Undang nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan, kalau dari data Statistik Ekonomi Keuangan Daerah Provinsi Jambi yang telah dipublikasikan oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jambi, menunjukkan nilai Ekspor Nonmigas berdasarkan klasifikasi komoditi unggulan Provinsi Jambi yaitu pada Quartal ke Tiga volume Ekspor mencapai 360,793 ton dengan nilai transaksi $ 105.651 (Dollar USA).

Kemudian, dalam peningkatan hasil produksi perekonomian masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dapat terlihat pada produksi Pertanian Pangan (Padi) sebesar 92.273 ton, Jagung 14,456 ton dan Kedelai 620 ton.

“Sedangkan pada sektor Perkebunan di bidang Kelapa Dalam, sebesar 51,376 ton, Sawit 46,887 ton, Pinang 3.132 ton, Kopi 1.237 ton dan Karet 3.647 ton. Di Sektor Peternakan, berupa Ternak Sapi yang populasinya mencapai 20.480 ekor dan Sektor Perikanan, produksinya mencapai 24.784 ton,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam pemaparan Drs. Guntur, SP. MM selaku Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi menjelaskan tentang Undang – Undang nomor 21 Tahun 2019.

Selain itu, ia juga menguraikan Lima kebijakan strategis Kementan dalam meningkatkan Ekspor Komoditas Pertanian. Diantaranya, meningkatkan volume ekspor, menambah mitra dagang, mendorong pertumbuhan eksportir baru, menambah ragam komoditas ekspor dan meningkatkan frekuensi pengiriman.

Selanjutnya, Sosialisasi ini dilanjutkan dengan sesi tanyajawab. (Hipni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here