Batik Motif Candi Muaro Jambi Menarik

0
31
Unik dan menarik Batik Muaro Jambi bermotif Candi Muaro Jambi (foto/Ist)

Serumpuntimur.com,Muaro Jambi – Setiap Daerah pastinya memiliki ciri khas tersendiri. Seperti Kabupaten Muaro Jambi, memiliki destinasi Candi Muaro Jambi, dan destinasi ini sangat elok dituangkan menjadi batik khas Bumi Sailun Salimbai.

Uniknya kebanyakan Pengerajin Batik di Muaro Jambi, masih melakukan cara tradisonal, yaitu membatik dengan cara menulis motif pada kain kemudian dicanting dengan lili (malam). Proses pembuatan batik ini sangat rumit, bahkan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikanya.

Ema Salah Seorang Pengerajin Batik di Muaro Jambi mengatakan bahwa membuat batik tulis memiliki kepuasan tersendiri serta sebuah upaya untuk melestarikan budaya membantik.

“Kalau membuat batik tulis waktu yang di butuhkan lama dan proses yang panjang namun kita puas akan hasilnya karna ada nilai seninya”sebutnya.

Bupati Muaro Jambi Masnah Busro mendukung para pengrajin-pengrajin batik tradisional di Muaro Jambi, sebagai upaya pelestarian budaya membatik. Masnah berharap kedepan semakin banyak para pengrajin batik di Muaro Jambi.

“Saya sangat Mendukung dengan adanya para pengrajin Batim Tradisional di Muaro Jambi semoga kedepan semakin betrtambah dan banyak bermunculan Motif Khas Muaro Jambi.”katanya.(Rst)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here