Banyak Kasus Divonis Hakim Tak Sesuai Tuntutan, Bahkan Ada Yang Divonis Bebas

0
66
Kajari Muarasabak Rizki Fahrudi

Serumpuntimur.com, Muarasabak – Kejaksaan Negri Muarasabak cukup banyak melakukan upaya hukum kasasi. Masalahnya, Hakim menjatuhkan vonis tidak sesuai dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Bahkan ade beberapa perkara yang divonis bebas.

Kajari Muarasabak, Rizki Fahrudi mengatakan, perkara yang paling banyak diajukan ke meja kasasi adalah perkara Narkoba. Sebab, putusan Narkoba itu tidak sesuai dengan dakwaan Jaksa.

“ Kasus dilapangan banyak ditemukan beda persepsi antara Hakim dengan JPU, terutama dalam penerapan pasal. Jaksa pada umumnya menerapkan pasal tentang kepemilikan Narkoba, namun Hakim lebih menitik beratkan terdakwa sebagai pemakai,” ungkapnya.

Selain perkara Narkoba, upaya Kasasi juga dilakukan terhadap perkara vonis bebas Kebakaran Hutan dan Lahan dan kasus penyelundupan Lobster.

Untuk perkara Karhutla kasasinya telah turun. Hasilnya putusan kasasi terdakwa yang awalnya divonis bebas oleh hakim, akhirnya harus menjalani proses hukuman penjara.

“Kalau perkara Lobster JPU masih menunggu hasil putusan. Dan kita tetap berkeyakinan jika perkera ini harus menjalani hukuman,” katanya. (Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here