Anggota DPRD Tanjabtim Apresiasi Petani Kedelai Kecamatan Berbak

0
62
Komisi B DPRD Tanjabtim bersama dengan seorang penyuluh Kecamatan Berbak

Serumpuntimur.com, Muarasabak – Anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengapresiasi Kelompok Petani Sido Makmur Kecamatan Berbak. Kelompok Tani ini berhasil melakukan panen benih kedelai di lahan pasang surut seluas 40 hektar, dengan hasil yang sangat memuaskan, 60 Ton.

Melihat ini Anggota DPRD yang merupakan perpanjangan tangan asipirasi masyarakat, semakin bergairah untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat petani agar pertanian di Kabupaten Tanjabtim semakin berkembang.

Sebagai bentuk apresiasi Anggota DPRD Tanjabtim, anggota Komisi B DPRD Kabupaten Tanjabtim, langsung menghadiri panen benih kedelai dan peresmian gudang brigade alsintan di Kelurahan Simpang, Kecamatan Berbak, Kamis ((2/8).

Mahrup, Ketua Komisi B, DPRD Tanjab Timur mengatakan, panen benih kedelai kali ini tentunya merupakan prestasi tersendiri bagi Kabupaten Tanjabtim.

Sebab, disaat petani kedelai kekurangan benih dalam skala Nasional, Petani kedelai Kabupaten Tanjabtim mampu melakukan panen benih kedelai yang diperkirakan akan menghasilkan 60 ton.

“Terlebih hasil panen benih kedelai ini nantinya, akan memenuhi permintaan beberapa Kabupaten di Provinsi Jambi. Ini menandakan Kabupaten kita adalah lumbung pangan Jambi” ungkapnya Mahrup, yang didampingi beberapa anggota Komisi B lainnya, seperti Rusdianto, Nurhidayah, dan Ermaidah Siringo Ringo.

Secara bertahap lanjut Mahrup, DPRD akan terus berupaya memenuhi permintaan petani lokal. Baik itu bantuan peralatan pertanian modern, yang dapat memudahkan aktifitas petani dalam menggarap lahan.

Selain itu, bantuan bibit, benih, pupuk, hingga pestisida, tentunya sejumlah bantuan tersebut akan disesuaikan dengan kekuatan keuangan daerah dan tetap mengacu pada usulan prioritas yang terjaring dari hasil Musrenbang.

“Beberapa usulan telah dibicarakan lebih lanjut di DPRD, hanya saja tidak semua usulan dapat kita penuhi,”lanjutnya.

Dengan kekayaan alam dan SDM petani lokal, DPRD percaya sektor pertanian di Kabupaten Tanjabtim akan terus berkembang. Terlebih sektor pertanian sendiri, merupakan salah satu rencana Pemkab Tanjabtim yang tertuang dalam RPJMD.

“Butuh dukungan semua pihak untuk mengembangkan sektor pertanian ini, dan dalam hal ini DPRD secara bertahap akan terus melakukan terobosan khususnya dalam memenuhi aspirasi petani. Salah satunya berkoordinasi dengan Pemkab Tanjabtim, dalam meminta bantuan kepada Pemprov dan pemerintah pusat,”katanya. (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here