678 Anak Paud dan TK Nipah Panjang Gelar Manasik Haji

0
207
Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtin Juneidi Rahmat foto bersama dengan Forkompimcam Nipah Panjang dan anak Paud

Serumpuntimur.com, Nipah Panjang – Sebanyak 678 Siswa dan Siswi Pendidikan Usia Dini (PAUD) dan TK Kecamatan Nipah Panjang, melaksanakan manasik haji. Kegiatan yang dipusatkan di Halaman SDN 83/X Nipah Panjang, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Tanjan Timur, Junaedi Rahmad, Rabu (24/10).

Juneidi Rahmad mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan manasik haji tersrbut. Sebab, kegiatan manasik ini merupakan salah satu upaya untuk membangun genrrasi yang islami dan menambah pengalaman dan pengetahun peserta didik.

“Kegiatan ini terlaksana dengan sukses dan meriah tidak terlepas dari peran para Bunda-Bunda PAUD yang ada di Kecamatan Nipah Panjanh. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan rasa bangga saya terhadap Bunda-Bunda Paud semuanya dan seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan ini.”ungkap Jeneidi.

Sementara itu, Ketua Panitia Manasik Haji Baharuddin, mengatakan, kegiatan Manasik Haji merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Paud Kecamatan Nipah Panjang.

Tujuanya, untuk mengenalkan kepada siswa khususnya anak Paud tentang rukun islam yang ke-5, Ibadah Haji. Disamping itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membentuk karakter ataupun aqidah yang islami untuk modal kedepanya bagi peserta.

“Peserta dalam kegiatan ini diikuti 31 Paud dan 24 TK dengan jumlah peserta didik 678 siswa. Untuk guru sebanyak 68 orang,”jelasnya.

Tidak jauh berbeda apa yang disampaikan Sainal Abidin, Ketua Himpaudi Kecamatan Nipah Panjang, Peragaan manasik haji tersebut masuk dalam salah satu aspek Paud, ini sesuai kurikulum yang masuk dalam pengembangan moral agama.

Jadi, di usia dini ini peserta dikenalkan Rukun Islam yang ke 5 (Lima). Harapannya, peragaan manasik haji tersebut dapat menjadikan anak anak Paud memahami tentang agama dan dapat menjadi pengalaman tersendiri bagi anak usia dini tersebut.

“Aspek paud ada 5 terdiri dari aspek Moral Agama, Sosial Emosional, Bahasa, Koknitif dan Fisik Motorik,”katanya.

Melalui kegiatan Manasik Haji, Camat Nipah Panjang berharap, agar anak anak bisa memberikan bekas dan bisa lebih mencintai agama, mencintai allah. Sehingga, akan tumbuh generasi generasi yang dapat memberikan manfaat kepada bangsa dan negara, agama serta masyarakat disekitarnya khususnya Kecamatan Nipah Panjang.

Pantauan dilapangan, acara yang dilangsungkan pada pukul 08.30 sampai pukul 11.30 tersebut diikuti dengan antusias oleh para siswa dan orang tua. Dengan berpakaian ikhram mereka mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali.

Turut hadir Kabid PNF H Ratijo, Camat Kamaruddin, Kepala Uptd Pendidikan Nipah Panjang Baharuddin, Kades Sungai Tering Pamessangi, Ketua MUI Nipah Panjang, Babinsa,Ketua Himpaudi Nipah Panjang dan seluruh guru dan bunda Paud se-Kecamatan Nipah Panjang. (Rdw/Rst)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here