63 Orang Nipah Panjang Terkena ISPA

0

Muarasabak, Data yang dapat dihimpun dari tanggal 1 sampai 11 September 2019 di Puskesmas Perawatan Kecamatan Nipah Panjang, tercatat sebanyak 63 orang yang terkena penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Dan dari jumlah itu, merupakan rekapan dari setiap Pustu dan Puskemas Induk diwilayah Nipah Panjang.

Menurut Kepala Puskesmas Nipah Panjang Darwin Salim, dan ia menjelaskan bahwa, dari 63 orang penderita ISPA tersebut tidak mutlak diakibatkan oleh kabut asap.

“Setahu saya, pasien tidak ada yang melapor akibat kabut asap. Sebab, setiap ada pasien masuk yang terkena sakit tenggorokan, paru paru, diare dan ISPA kami kumulatifkan. Maka jadilah semuanya 36 orang. Artinya, semua yang berhubungan dengan penyakit pernapasan kami masukkan ISPA,” jelas Kapus Darwin Salim. Saat dikonfirmasi, Kamis (12/9) siang.

Dikatakannya pula, berhubung saat ini udara kurang sehat, maka pihaknya sudah melakukan himbauan melalui masjid saat sholat Jum’at untuk tidak keluar rumah, dan jika keluar rumah harus pakai masker.

“Karena sekitar dua minggu yang lalu, kami beserta forkopincam sudah memberikan masker disetiap sekolah dan pengguna jalan yang ada di Kecamatan Nipah Panjang,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar dapat mencuci tangan pakai sabun sebelum makan dan minum, mengkonsumsi makan dan minum yang telah dimasak atau diolah dengan baik dan bersih, menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari, menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar rumah, menggunakan masker saat keluar rumah bahkan perbanyak minum air putih untuk mencegah ISPA.

Reporter : Sugianto
Editor : Hipni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here