2 Anggota DPRD Tanjabtim Akan di PAW

0
69
Partai Amanat Nasional saat menyerahkan berkas di KPU Tanjab Timur

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Sebanyak 283 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), dari 14 Partai Politik telah mendaftarkan di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Tanjab Timur. Menariknya, ada incumbent yang mencoba keberuntungan di Parta lain. Sehingga, dirinya pun harus siap-siap meninggalkan kursi DPRD yang didudukinya saat ini.

Berdasarkan data yang didapat, ada dua nama anggota DPRD Tanjab Timur yang mendaftar diluar partainya saat ini, Yudi yang merupakan anggota DPRD dari Partai PAN, maju melalui PDI pada 2019 mendatang dan H. Anwar anggota DPRD dari partai Demokrat menjadi Bacaleg PAN pada 2019 mendatang.

Berpindah partai ini ditenggarai berbagai macam persoalan. Mulai dari tidak terjaringnya menjadi Bacaleg dipartainya yang lama dan kurang sepahamnya dengan partai yang mendudukannya di kursi parlemen 2014 lalu.

Mahrup Ketua Frakasi PAN DPRD Tanjab Timur, mengatakan memang ada beberapa anggota DPRD dari partainya yang tidak lolos dalam survei untuk bacaleg PAN. Tapi hanya ada 1 orang yang mengajukan pengunduran diri, sehingga partai memproses PAWnya.

“kalau yang tidak lolos ke Bacaleg dan tetap berada dan di PAN dan tidak mencalonkan diri melalui Paerai lain maka dia akan tetap hingga masa akhir jabatannya. Berbeda dengan saudara kami Yudi, dirinya mengajukan pengunduran diri, makanya kita (red_partai) memproses itu. Nanti akan ada PAWnya,”ungkapnya.

Sebaliknya, adanya bacaleg dari PAN yang semualanya dari Partai Demokrat, jelas Mahrup, PAN merupakan partai yang sangat terbuka bagi siapapun.   Akan tetapi, siapapun yang masuk menjadi Bacaleg PAN tentunya sudah melalui proses di PAN.”kita ada mekanisme diinternal kita. Kalau masuk dalam Bacaleg kita tentu sudah melalui proses,”lanjutnya.

Subhan Sekertaris Partai Demokrat mengatakan, pihaknya juga telah memproses PAW H. Anwar yang menjadi Bacaleg PAN pada 2019 mendatang. Diktakan, Partai Demokrat tidak mempersoalkan berpindahnya kadernya ke Partai lain.”itu menjadi hak beliau. Tapi, karena mengundurkan diri pastinya kita akan proses PAWnya,”tegasnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang didapat ada dua Kepala Desa Aktif yang menjadi Bacaleg pada Pileg 2019 mendatang. M. Saleh Kades Bukit Tempurung dan Saihata Kades Karya Bakti. Keduanya maju melalui PAN.  Keduanya telah mengajukan penduruan diri sebagai Kepala Kades.”surat pengundurannya sudah kita proses, tinggal menunggu PJS yang diajukan BPD yang direkomandasikan oleh pihak Kecamatan,”kata Hendri Kepala Bagian Pemerintahan Desa, Setda Tanjabtim.

Untuk diketahui, dari 16 Partai ada 2 partai yang tidak mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Tanjab Timur hingga ditutupnya penerimaan berkas Bacaleg 2019, Partai Garuda dan Partai PKPI. (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here