10 Desa di Tanjabtim Jadi Lokus Stanting

0
31
Foto Net

Serumpuntimur.com,Muarasabak – Hingga saat ini, sanitasi di Tanjab Timur belum baik. Akibatnya, Pemerintah pusat menjadikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dijadikan lokus stunting tahun 2019 ini. Setidaknya ada 10 Desa yang telah ditetapkan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanjabtim, Ernawati melalui Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Ade Rinaldo mengatakan, stunting tersebut bukan hanya meliputi kesehatan gizi, nutrisi dan kesehatan. Namun ada juga faktor lain yaitu sanitasi.

“Selain factor lain, sanitasi juga jadi factor, karena sanitasi di sini memang masih harus dibenahi ,”ungkapnya.

Tahun ini jelasnya, lokus yang ditunjuk secara Nasional ada 10 Desa. Desa Pematang Rahim, Bukit Tempurung, Sinar Wajok, Sugai Beras, Mendahara Tengah, Pandan Langan, Kota Kandis, Kuala Simbur, Rasau I dan Desa Pematang Mayan.

Guna menekan angka Stunting tersebut, seluruh instansi terkait sudah mulai mengarah kepenanganan Stunting tersebut. Sebab jika tidak segera dilakukan, dikhawatirkan bukan tumbuh pendeknya yang jadi persoalan. Pertumbuhan otak anak akibat kekurangan gizi kronis juga rentan terjadi.

Tingkat keberhasilan intervensi penanganan Stunting itu terdiri dari inyervensi gizi spesifik keberhasilannya sekitar 30 persen. Sedangkan intervensi gizi sensitif sekitar 70 persen.

“Untuk itu, ada peran lintas sektor terkait seperti Dinas Perkim, Sosial, Pendidikan, Ketahanan Pangan, Dinas Kelautan, PP dan KB serta Instansi vertikal seperti Kementerian Agama,”katanya.(Amir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here